Senin, 01 September 2014

Hal Unik ikan LELE

 

HAL - HAL UNIK DARI IKAN LELE


1. “Namazu” Si Lele Raksasa
Namazu
Dalam mitologi Jepang, Namazu atau O-namazu adalah ikan lele raksasa yang menyebabkan gempa bumi. Ia tinggal di lumpur bagian bawah kepulauan Jepang dan dijaga oleh Kashima, yaitu dewa yang menahan lele dengan batu. Atas perintah Kashima, Namazu pun menyebabkan gempa bumi yang sangat besar, yaitu Gempa Ansei Agung yang terjadi di dekat Edo (sekarang Tokyo) pada tahun 1855. Sejak saat itu, Namazu disembah sebagai daimyojin yonaoshi (dewa rektifikasi dunia).
2. Kecuali Alaska & Antartika
Antartika
Pada dasarnya, lele menyukai perairan hangat sehingga bisa ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika. Antartika merupakan tempat terdingin di muka bumi.
3. Hari Lele Nasional
Ronald-Reagen
Terdengar aneh memang. Tapi itulah yang terjadi. Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan menetapkan hari lele
nasional pada tanggal 25 Juni 1987.  Hari itu merupakan simbol ketaatan masyarakat Amerika Serikat merayakan pentingnya kebangkitan peternakan lele.
4. Mumi Ikan Lele
Mumi-Ikan-Lele
Tidak hanya manusia yang bisa dijadikan sebagai mumi. Ikan pun bisa. Mumi si ikan berkumis satu ini terdapat di Rosicrucian Egyptian Museum di San Jose, California. Mumi ikan lele berasal dari sungai Nil sebagai persembahan
Kerajaan Tengah Mesir.
5. Populer Di Amerika
Amerika
Sekitar 95% ikan lele yang berada di Amerika Serikat pasokannya berasal dari Arkansas, Mississippi, Alabama, dan  Louisiana. Saat ini, lele merupakan ikan paling populer ke-5 di Amerika Serikat. Pasokan ikan lele selalu tersedia sepanjang tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar